Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Boneka Barbie

Boneka Barbie

Posted by Bonekamu on Selasa, 10 November 2015

Boneka Barbie sering dimainkan oleh anak perempuan terutama pada era tahun 90an, dengan bentuk fisik sempurna seorang wanita dewasa yang cantik dengan ukuran 11,5 inci, rata-rata berambut pirang dengan berbagai aksesoris dan pernak-pernik yang dapat dipasang di boneka barbie, dari pakaian hingga rambut palsu (wig). Saat ini sudah banyak inovasi dan pengembangan yang dilakukan untuk melengkapi "kehidupan" sebuah Barbie, memiliki berbagai profesi hingga cerita fiktif tentang kehidupan asmara dan keluarga Barbie. 

Boneka Barbie diproduksi oleh Mattel, Inc. yang berlokasi di Amerika sejak tahun 1959. Awalnya boneka ini dibuat oleh Ruth Handler. Ruth Handler tiap hari memperhatikan anaknya bermain boneka kertas berbentuk bayi dan berkomunikasi dengannya seperti orang dewasa pada umumnya, akhirnya ia mendapat ide membuat boneka dewasa dan disampaikan kepada suaminya Elliot yang juga seorang co-founder perusahaan mainan Mattel. 

Pada tahun 1956 saat dalam perjalanan ke Eropa, Ruth Handler bersama kedua anaknya, Barbara dan Kenneth membeli tiga buah boneka Jerman bernama Bild Lelli, inilah boneka inspirasi pembuatan boneka Barbie. Ketika tiba di Amerika, Ruth Handler mendesain ulang boneka Jermannya dengan bantuan Jack Ryan dan diberikan nama Barbie. Pada tanggal 9 Maret 1959 boneka Barbie pertama kali muncul pada ajang  American International Toy Fair. Mattel pun mengakuisisi hak cipta boneka Bild Lelli pada tahun 1964 dan produksi boneka tersebut dihentikan. 

Penampilan Barbie pertama kali menggunakan pakaian renang berwarna hitam putih serta rambut berbentuk ekor kuda dengan warna pirang atau coklat yang merupakan tren anak remaja saat itu. Bajunya didesain oleh fashion designer perusahaan yaitu Charlotte Johnson. Boneka Barbie pertama kali diproduksi massal di Jepang dengan penjualan sekitar 350.000 boneka laku terjual pada tahun pertama. Penampilan Barbie terus dipebaharui dan telah terjual di 150 negara. Barbie tidak hanya tentang boneka, tetapi sudah memproduksi buku, kosmetik, pakaian, dan video game. Bahkan telah muncul film animasinya. 


0 komentar:

Posting Komentar