Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Sejarah Boneka Teddy Bear

Sejarah Boneka Teddy Bear

Posted by Bonekamu on Sabtu, 31 Oktober 2015

Teddy bear adalah salah satu karakter boneka anak-anak yang berbentuk binatang beruang dan biasanya berwarna coklat. Saat ini boneka beruang teddy bear dapat mudah ditemukan di berbagai kota di seluruh dunia. Teddy bear tidak hanya tentang boneka, tetapi karakter ini sudah meluas dan ditemukan di kaos-kaos, poster, iklan, film dan lain-lain. Bagaimana sejarah karakter boneka lucu ini sehingga masih eksis sampai saat ini?

Pada bulan November tahun 1902, Presiden Amerika saat itu Theodore "Teddy" Roosevelt sedang melakukan ekspedisi berburu di daerah Mississippi. Selain berburu, Presiden Roosevelt sedang menjalankan misi untuk menyelesaikan sengketa perbatasan Mississippi dan Louisiana. Dikenal sebagai pemburu handal dan berpengalaman, pulang dengan tangan kosong adalah hal memalukan bagi Presiden Amerika tersebut karena ia tidak menemukan hewan yang cukup layak untuk diburu. Mendengar hal tersebut, pihak tuan rumah segera menangkap anak beruang hitam dan mengikatnya di pohon sehingga anak beruang hitam tersebut dapat dijadikan sebagai sasaran tembak Presiden Roosevelt. Beberapa cerita mengatakan bahwa Roosevelt menolak untuk menembak beruang kecil tersebut karena itu merupakan hal kejam untuk menembak anak beruang yang tidak dapat bergerak sebab diikat di pohon sehingga anak beruang tersebut tidak dapat mempertahankan dirinya. 

Seorang kartunis politik Washington saat itu, Clifford Berryman setelah mendengar hal tersebut, ia langsung menggambar kartun Roosevelt dan beruang tersebut. Kartun tersebut lantas diterbitkan di Washington Post. Pada bulan yang sama, pemiliki toko Brooklyn, Morris dan Rose Michtom membuat mainan dengan bentuk beruang. Mereka menyebutnya " Teddy Bear" dan menempatkannya di etalase dipajang bersama salinan kartun Berryman. 

Ternyata respon masyarakat Amerika sangat besar, mereka beramai-ramai membeli boneka tersebut. Saat itu boneka teddy bear asli bertubuh gemuk, wajah berbentuk segitiga, serta lengan dan kaki panjang. Mendapat keuntungan besar, Michtoms menjadi kaya raya dan mampu mendirikan sebuah perusahaan yang dinamai Ideal Novelty and Toy Company. Dalam periode yang sama, seorang wanita Jerman cacat bernama Margarete Steiff juga menciptakan boneka beruang, dengan pabrik di kota Giengen di Jerman. Richard yang merupakan keponakan Steiff berusaha meyakinkan bibinya untuk menambahkan boneka beruang dalam katalog produknya, dan ia mulai memproduksi boneka beruang dan akhirnya boneka tersebut laris manis di pasaran. Tahun 1903, Steiff mampu menjual 3000 boneka beruang di Amerika Serikat, hingga awal Perang Dunia 1, jutaan beruang telah terjual dari katalog Steiff. 

Saat ini, boneka teddy bear sudah dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran. Keunikan dan keotentikan boneka teddy bear tidak dapat digantikan oleh mainan modern saat ini. 


0 komentar:

Posting Komentar