Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Mencuci Boneka Berbulu

Mencuci Boneka Berbulu

Posted by Bonekamu on Selasa, 27 Oktober 2015

Boneka imut, lucu dan memiliki bulu yang lembut sudah menjadi barang wajib bagi perempuan sebagai aksesoris kamar, koleksi boneka yang berjibun tentu mimpi indah kebanyakan anak perempuan apalagi memiliki banyak boneka yang nyaman di pelukan. Tetapi semakin banyak koleksi boneka, maka makin sulit juga untuk membersihkannya, kudu memperhatikan tempat penyimpanannya, makin diperparah dengan boneka yang memiliki bulu-bulu halus sehingga butuh ekstra perawatan, sekaligus memikirkan bagaimana cara membersihkan sehingga boneka tetap terawat dan awet. Apabila mahalnya biaya laundry menjadi kendala, tidak ada salahnya mencuci sendiri koleksi boneka berbulu kesayangan anda. Berikut cara membersihkan boneka berbulu halus.

Apabila boneka hanya kotor karena debu, sebaiknya gunakan kain basah saja untuk membersihkannya. Cara ini dapat membersihkan permukaan boneka dan mencegah terjadinya penumpukan debu untuk beberapa lama. Cukup basahi kain bersih kemudian peras agar kain tidak memiliki kadar air berlebih, kemudian usapkan secara perlahan ke permukaan boneka. Jika boneka memang kotor, kain lap akan terlihat berwarna kecoklatan tanda bahwa debu pada boneka telah pindah ke kain lap. Ulangi pembilasan kain lap kemudian peras, ulangi langkah sebelumnya  pada seluruh bagian boneka hingga boneka benar-benar bersih dari debu yang menempel. Setelah itu angin-anginkan bonekanya atau jemur tanpa terkena sinar matahari langsung agar warna boneka tidak cepat pudar. Boneka berbulu memang lebih rentan terhadap debu yang menempel jika dibandingkan dengan boneka yang permukaannya polos. Apabila boneka benar-benar kotor dan kotoran sulit dihilangkan hanya dengan kain lap, anda harus mencucinya baik menggunakan mesin cuci ataupun secara tradisional dengan menyikat atau mengucek.

Opsi pertama mencuci dengan cara tradisional, caranya hampir sama dengan mencuci pakaian secara umum. Rendam boneka dalam ember atau wadah sesuai ukuran boneka dengan campuran air dan deterjen secukupnya. Rendam selama 30 menit atau lebih jika nodanya membandel agar noda terangkat dari serat kain. Setelah perendaman selesai, sikat boneka dengan hati-hati, jika khawatir bulu boneka rontok atau rusak, sebaiknya anda menguceknya dengan pelan. Kemudian bilas boneka hingga benar-benar bersih dan bebas deterjen minimal 3 kali pembilasan, karena sisa deterjen dapat membuat anak menjadi alergi. Beri pewangi agar boneka wangi dan tetap terjaga kelembutannya, kemudian jemur tidak dibawah matahari langsung, jika ingin menjemur dibawah matahari, usahakan jangan menjemurnya terlalu lama untuk menghindari pudarnya warna boneka.

Opsi kedua dengan menggunakan mesin cuci. Sebelum mencuci boneka cek terlebih dahulu petunjuk pencucian boneka pada label yang tertera, jika memungkinkan dicuci dengan mesin cuci, ikuti petunjuk selanjutnya. Isi mesin cuci dengan campuran air dan deterjen secukupnya, kemudian masukkan boneka yang telah diolesi deterjen pada bagian yang kotor. Rendam boneka minimal 30 menit untuk mengangkat kotoran yang menempel. Lakukan proses pencucian hingga mesin cuci selesai bekerja kemudian bilas berkali-kali hingga boneka benar-benar terbebas dari deterjen, kemudian berikan pewangi pakaian. Ketika proses pengeringan, apabila boneka tidak memungkinkan dikeringkan di mesin cuci, cukup peras boneka dengan menekannya di beberapa bagian hingga air keluar, dan jemur di tempat teduh untuk menjaga warna boneka.Mudah bukan? Mencuci boneka berbulu tidaklah sulit sehingga anda tetap bisa bermain dengan koleksi boneka tanpa harus takut boneka kotor lagi.


0 komentar:

Posting Komentar