Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Makna Sebuah Suvenir

Makna Sebuah Suvenir

Posted by Bonekamu on Rabu, 21 Oktober 2015

Sebagai pengingat, siapapun yang menyelenggarakan sebuah event atau acara baik skala kecil atau besar pasti memberikan sebuah suvenir pagi pengunjung acaranya dengan harapan bahwa event tersebut akan selalu dikenang oleh pengunjungnya, dan itulah yang paling efektif maka pihak penyelenggara tentu tidak boleh memberikan sembarangan suvenir. Suvenir dapat ditemukan di berbagai event, acara formal, non-formal, resepsi pernikahan dan lain-lain. Semakin event tersebut maka semakin banyak dan semakin variatif suvenir yang tersedia. Terkadang bentuk suvenir diberikan secara cuma-cuma sebagai bentuk cendera mata atau rasa terima kasih penggelar acara untuk pengunjungnya yang telah hadir di acaranya.

Suvenir adalah kata serapan dari bahasa inggris 'suvenir' yang berarti tanda mata, cendera mata, kenang-kenangan atau ingat-ingatan. Memang suvenir umumnya adalah cendera mata yang diberikan sebagai pengingat akan suatu peristiwa, bermakna sesuatu yang bernilai sentimentil atau menyentuh perasaan. Suvenir dapat juga bermakna 'gift' atau oleh-oleh, dan sebagai kenang-kenangan saat terjadinya suatu peristiwa yang memiliki makna tersendiri bagi seseorang atau kelompok dan sangat bernilai harganya.

Seseorang yang telah melakukan perjalanan keluar daerah atau keluar negeri kerap membawa oleh-oleh suvenir sebagai kenang-kenangan. Suvenir yang dibawa biasanya memiliki ciri khas daerah yang telah dikunjunginya. Pada momen-momen yang bernilai suvenir kerap juga diberikan sebagai kenang-kenangan, seperti pada acara pesta pernikahan, wisuda, acara kenaikan pangkat dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang menganggap sebuah suvenir hanyalah sekedar tanda mata pelengkap saja yang terbilang murah dan tak berarti apa-apa namun kini bagi sebagian orang suvenir sudah menjadi sesuatu yang bernilai dan menjadikannya sebagai tolak ukur gengsi dan martabat seseorang, sebagai cendera mata yang menunjukkan jati diri pemberinya dan juga kebanggaan bagi yang menerimanya. Cendera mata atau suvenir tidak hanya menghubungkan pribadi ke pribadi tetapi juga suatu organisasi ke anggotanya, produsen ke konsumennya, perusahaan ke karyawannya. Fungsi suvenir saat ini jauh lebih luas disamping sebagai cendera mata dapat dijadikan sebagai sebagai media iklan dalam memperkenalkan suatu produk, jasa atau profil perusahaan. Suvenir yang elegan dapat mempresentasikan citra suatu perusahaan.

Suvenir tidaklah harus mahal dan megah, malah suvenir sederhana yang memiliki nilai history atau sejarah yang terkandung didalamnya terkadang membuat sebuah suvenir kecil menjadi berharga dan bernilai sehingga pemiliknya menjaganya dengan baik, suvenir merupakan ungkapan aspirasi penggelar acara untuk audiens yang bersedia hadir di acaranya. Suvenir juga haruslah unik bentuknya untuk menarik perhatian pengunjung, apabila hanya terkesan biasa-biasa saja bahkan sampai tidak ada maksud dan tujuan dibuatnya suvenir tersebut maka tidak peduli sebesar semegah apa event tersebut, maka hal itu dapat merubah image audiens akan event tersebut, maka diperlukan sebuah suvenir yang tepat dan sesuai tema acara yang digelar.


0 komentar:

Posting Komentar