Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Boneka Tangan sebagai Media Pembelajaran untuk Anak

Boneka Tangan sebagai Media Pembelajaran untuk Anak

Posted by Bonekamu on Sabtu, 10 Oktober 2015


Bagi anak-anak terlebih anak usia dini, apa yangmereka lihat dan dengar dapat terekam bagus dalam ingatan mereka. Anak-anak kerap mengikuti apa yang dilakukan dan diucapkan oleh orangtuanya atau orang-orang yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan bagus apabila lingkungan mereka juga melakukan hal-hal yang baik. Sebaliknya, anak-anak akan melakukan hal-hal yang tidak baik apabila lingkungan mereka melakukan hal-hal yang buruk. 
Sebagai orangtua pasti menginginkan anaknya untuk tumbuh menjadi anak yang baik, anak yang cerdas, dan memiliki akhlak yang baik pula. Tentunya akan sangat mengecewakan apabila anak bersifat temperamental, melakukan hal semaunya sendiri, dan tidak mau mendengarkan apa kata orangtua. Hal ini akan berpengaruh ketika ia dewasa nanti.

Bermain sambil belajar bisa menjadi alternatif untuk mengajarkan anak. Hal ini tidak akan membuat anak merasa dalam tekanan. Ia akan menikmati setiap pembelajaran yang diberikan. Banyak sekali permainan untuk mendidik anak, salah satunya dengan bermain boneka tangan. Permainan boneka tangan ini tak hanya dilakukan oleh tenaga pendidik profesional saja, akan tetapi orangtua, saudara, atau siapapun bisa menerapkan pembelajaran seperti ini asalkan tahu apa yang ingin disampaikan kepada sang anak.
Anak akan merekam segala hal yang dilakukan dan diucapkan dalam permainan boneka tangan tersebut. Maka sangat penting untuk memilih perbuataan dan perkataan apa yang ingin dicontohkan kepada sang anak. Anak-anak akan tertarik dengan permainan boneka tangan karena bentuk dan suara yang dibuat sangat lucu. Mereka juga dapat belajar untuk mengenali karakter dari setiap boneka, misalnya apabila karakter yang dipakai adalah boneka tangan berupa hewan. Maka anak akan belajar untuk mengenali nama-nama hewan. Apabila boneka tangan yang dipakai adalah profesi, anak-anak akan belajar mengenal setiap profesi yang ditunjukkan dalam karakter boneka tangan yang dipakai. Hal ini akan menanamkan kepada anak, ingin menjadi apakah ketika ia dewasa nanti.

Permainan boneka tangan tak hanya mengajarkan anak mengenai perilaku yang baik saja, melainkan juga dapat melatih kemampuan verbal mereka. Mereka dapat mengucapkan setiap kata yang diucapkan dalam permainan ini. Melihat permainan boneka tangan bersama teman sebaya juga bermanfaat untuk melatih sosialisasi karena anak-anak juga akan saling berkomunikasi satu sama lain.
Ternyata begitu banyak manfaat dari permainan boneka tangan untuk pendidikan sang anak. Jadi, anda tak perlu ragu untuk mencoba.







0 komentar:

Posting Komentar