Rumah Produksi Bonekamu di Jl. Sarangan 266 rt 3 rw 1 Karangpandan Pakisaji Malang Jawa Timur Telp 0341803835 / 082141005100
Twitter : @bonekamu
Facebook : bonekamu
Penjualan Online : www.bonekamu.com
Home » » Asal Usul Bantal

Asal Usul Bantal

Posted by Bonekamu on Minggu, 25 Oktober 2015

Menurut Wikipedia, bantal adalah penyangga kepala yang biasanya digunakan untuk tidur diatas ranjang atau untuk penyangga tubuh di sofa atau kursi. Bantal biasanya diisi oleh kapas, bulu unggas, busa, serat dan lain-lain. Saat ini bantal sudah memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya, sebagai alas duduk yang dipasang di kursi atau ditaruh di lantai untuk melunakkan tempat duduk yang bidangnya keras agar terasa nyaman. Tapi tahukah kamu bagaimana asal usul bantal?

Sejarah bantal sudah dimulai sejak zaman dahulu karena manusia secara naluri membutuhkan media tidur yang nyaman untuk beristirahat. Beberapa situs mengatakan bahwa bantal pertama kali dipakai oleh bangsa Mesopotamia yang saat itu menghuni wilayah antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris dan letak pastinya saat ini berada di Irak. Bangsa Mesir Kuno juga sudah menggunakan bantal, saat itu bantal tidak selembut bantal buatan masa sekarang, bantal mereka masih terbuat batu. Hal ini diperkuat dengan penemuan peninggalan arkeologi yang sempat ditemukan saat proses penggalian atau ekskavasi di Mesir, tetapi bangsa Mesir Kuno tidak sering menggunakannya, mereka lebih suka menyandarkan kepala mereka di atas pilar bangunan.

Sejarah bantal berlanjut hingga masa kerajaan Cina, bantal mereka sudah lebih lembut dan berhiaskan motif-motif dan gambar-gambar. Diperkirakan bantal kuno mereka dibuat sekitar tahun 960 Masehi. Tetapi kebanyakan dari mereka masih menggunakan bantal berbahan kayu atau bambu yang bersifat keras karena menurut kepercayaan mereka, bantal lembut akan mencuri energi mereka disaat mereka tidur terlelap.

Masuk ke abad pertengahan, bantal mulai digunakan oleh bangsa Eropa. Saat itu bantal sudah menjadi simbol status s
osial dan kemewahan, yang memakainya hanyalah masyarakat sosial berstatus menengah ke atas atau disebut bangsawan. Saat dinasti Tudor di Inggris, bantal banyak digunakan disebabkan kepercayaan bahwa hanya wanita yang akan melahirkan yang dapat memilikinya. Raja Henry VII sebagai pemimpin kerajaan Inggris ingin mengubah pandangan orang tentang penggunaan bantal di masyarakat, ia melarang penggunaan bantal saat tidur bagi semua orang, kecuali wanita hamil. Semenjak itu para pria di Eropa tidak mau menggunakan bantal, jika mereka memakainya akan dicap lemah oleh orang di lingkungannya.

Ketika revolusi industri dimulai, paradigma tentang bantal berangsur mulai berubah. Bantal kemudian dianggap barang penting untuk menjadikan tidur lebih nyenyak. Bantal sudah mulai diproduksi massal dengan berbagai jenis bantal empuk yang dibuat. Dengan berbagai bahan dan corak yang menarik untuk menarik minat banyak pembeli. Bantal murah pun dapat ditemukan dengan mudah saat ini, seperti www.bonekamu.co.id yang menjual berbagai jenis corak bantal printing dan menyediakan bantal leher untuk dipakai saat bepergian sehingga istirahat tetap nyaman walaupun berada di dalam kendaraan. Hingga akhirnya bantal menjadi trend dan barang wajib dimiliki bagi semua orang untuk menemani beristirahat.


0 komentar:

Posting Komentar